Tips Menyejukan Ruangan Agar Tidak Panas Secara Alami Di Musim Kemarau Tanpa Air Conditioner.

Tips Menyejukan Ruangan Agar Tidak Panas Secara Alami Di Musim Kemarau Tanpa Air Conditioner.

Menyejukan Ruangan Secara Alami Di Musim Kemarau Tanpa AC. Disaat musim kemarau tiba, cuaca di luar ruangan sangatlah panas dan terik, apalagi pada saat siang hari ketika matahari berada tepat diatas kepala kita. disamping harus additional menjaga kesehatan agar tidak mudah terserang penyakit karena banyaknya debu dan asap yang berterbangan di sekitar lingkungan. Pastinya juga dikehendaki suasana yang nyaman saat berada di dalam ruangan, baik itu dirumah atau di tempat aktivitas lainya. 
Apa yang terpikir bagi sebagian orang disaat musim panas atau kemarau tiba pastinya banyak yang merencanakan untuk bepergian ke tempat-tempat wisata pada hari libur, biasanya dikenal dengan istilah piknik. Memang cocok dengan suasana yang cerah berada di luar ruangan, sambil asyik tentunya menikmati pemandangan yang ada. Baik itu pergi ke pantai atau ke gunung untuk bersantai disana, sambil menikmati segarnya minuman yang dingin. 
Mungkin ide seperti itu adalah menarik untuk dicoba, tetapi dengan teriknya matahari di musim kemarau yang menimbulkan panas dan gerah pasti akan sedikit menjadi hal menganggu aktifitas piknik atau berlibur. Dan itu adalah kenyataan yang terjadi saat panas menyerang di musim kemarau yang panjang.
Ketika udara yang panas terik menyerang dan kelembaban yang minim di sekitar, maka tentunya memberikan efek yang panas dan gerah pula di dalam ruangan, tentunya acara berlibur anda yang sudah capek dan melelahkan tidak akan nyaman saat anda hendak beristirahat dan duduk di dalam ruangan tersebut, apalagi jika anda harus tidur semalaman dengan keadaan ruangan yang panas dan gerah.
Sebuah solusi singkat yang dapat anda gunakan untuk mengurangi timbulnya panas dan gerah sehingga anda dapat tidur dengan nyenyak sepanjang malam adalah dengan menggunakan perangkat Air Conditioner. Penggunaan AC di dalam ruangan memang dapat menjaga temperatur regular yang nyaman untuk tubuh, yaitu sekitar 20 – 25 derajat celcius. Dan juga AC akan sedikit mengurangi kebisingan dari keadaan sekitar, karena otomatis jika menggunkan AC maka seluruh ruangan akan tertutup rapat dan suara tidak dapat masuk. 
Tetapi yang menjadi kendala adalah, berapa besar ongkos bulanan yang anda keluarkan untuk menyalakan AC sepanjang hari ? pasti hal ini akan menjadi pengeluaran additional yang mengurangi jatah uang belanja harian anda. Memang dengan keadaan kemarau yang panas dan menyengat serta gerah ini, sangat tidak mungkin untuk mendapatkan kenyamanan ruangan tanpa menggunakan AC, Tetapi perlu anda ketahui beberapa ideas menyejukan ruangan secara alami di musin kemarau, tanpa menggunakan AC.

Bersikap Tenang dan Tidak Panik.

#1. Pilihlah Kain Berbahan Cotton/katun.

Untuk kenyamanan saat anda tidur diwaktu malam hari dari keadaan yang panas dan gerah, usahakan anda meilih sprei sebagai penutup mattress atau kasur yang terbuat dari bahan dasar cotton/katun ringan, sebagai contoh katun mesir. Karena katun akan memungkinkan adanya ventilasi dan sirkulasi udara ditempat tidur anda.

#2. Matikan atau kurangi lampu yang menyala.

Pasti hal ini cukup masuk akal untuk anda terapkan di ruangan yang terasa gerah dan panas, bola lampu terutama yang berbentuk filamen pastinya akan mengelarkan panas yang tentunya mempengaruhi suhu ruangan anda untuk terus meningkat. Untuk itu lebih baik anda kurangi atau matikan saja lampu yang tidak diperlukan, disamping itu anda juga akan menghemat biaya tagihan listrik untuk penyalaan lampu tersebut.

#three. Memilih hunian dekat pedesaan.

Masuk akal juga untuk anda pikirkan, dengan banyaknya polusi udara dan kebisingan yang ada di kota tentuya akan menambha suasana menjadi gerah dan panas. Jika anda memiliki penghasilan lebih, lebih baik anda berinvestasi dengan membeli hunian yang dekat dengan pedesaan, yang tentunya akan jauh dari suasana ramai dan bising serta polusi. Dimana di desa juga banyak rumput yang hijau dan pohon yang rindang. sehingga panas dan gerah akan sedikit terurai.

#four. Pilih nuansa ruangan yang cerah.

Dengan melakukan ideas berikut tentunya anda akan sedikit merasa sejuk, karena dengan pemilihan warna ruangan yang cerah maka efek adem akan timbul bagi yang melihatnya. Untuk tujuan ini anda dapat memilih warna berikut dalam menghiasi ruangan anda, Putih, Hijau muda, ungu, Biru muda.

#5. Sediakan Ventilasi yang cukup.

Untuk anda yang saat ini baru saja mendirikan sebuah bangunan baru, jangan sampai anda terlewatkan untuk membuat ventilasi yang cukup pada ruangan anda jika penggunaan AC tidak anda prioritaskan untuk digunakan. Tanpa ventilasi maka tidak akan terjadi pertukaran udara yang ada di kamar untuk diganti dengan udara segar dari luar, sudah tentu pasti efek gerah dan panas karena anda menghirup udara yang kotor dan basi yang ada di dalam kamar. NAmun jika anda terlanjur mendesain ruangan tapi memiliki sedikit ventilasi, anda dapat mengakalinya dnegan memasang exhaust fan pada ruangan tersebut, dan ini harganya juga tidak terlalu mahal untuk anda beli.

#6. Kurangi Jumlah barang diruangan anda.

Nah, pasti anda saat ini banyak menyimpan barang-barang yang sangat banyak dan bertumpuk diruangan anda, baik itu barang yang seing dipakai maupun barang yang jarang atau tidak pernah anda gunakan. Alasanya easy saja, semakin banyak barang menumpuk di ruangan anda, semakin banyak pula debu yang menumpuk disitu, sehingga menimbulkan polusi udara. Akibatnya apa  ruangan akan menjadi pengap dan bau, tentunya efek panas diruangan anda akan meningkat.

#6. Kurangi Jumlah barang diruangan anda.

appmarsh

Marshmallow Android, AppMarsh.com digital technology leader.